Editorial Sulut News
Tuesday 22 October 2019, Tuesday, October 22, 2019 WIB
Last Updated 2019-10-22T23:11:41Z
Minahasa

Lagi, ROR presentasi soal danau Tondano di Kementrian Bappenas

ESN  Jakarta - Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) kembali mempresentasikan rencana penyelamatan dan pengelolaan danau Tondano dan infrastruktur penunjang di Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia, Selasa (22/10/2019).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Maya Marina Kainde menyampaikan, dihadapan sejumlah pejabat Bappenas, Bupati ROR menyampaikan sejumlah manfaat danau kebanggaan masyarakat Kabupaten Minahasa itu.

" Tidak hanya di Kabupaten Minahasa tapi juga di Sulawesi Utara, danau ini selain sebagai sumber air dan pemutar turbin untuk PLTA, bisa menjadi objek wisata dan olahraga danau," ujarnya.

Lanjut dikatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa, sedang melakukan pembersihan danau Tondano dari gulma eceng gondok sebagai solusi untuk menghalang pendangkalan danau.

" Diketahui, di Tahun 1939 kedalaman danau Tondano mencapai 43 meter, dan di tahun 2015 berkurang menjadi 14 meter, berarti terjadi pendangkalan sekitar 29 meter," imbuhnya.

Saat berpresentasi kepada Direktur Pengairan dan Irigasi Bappenas Abdul Malik Sadat Idris, Bupati ROR ikut didampingi Asisten II Setdakab Minahasa dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I.

(Mrcl*)