Editorial Sulut News
Friday 22 February 2019, Friday, February 22, 2019 WIB
Last Updated 2019-08-23T03:41:24Z
MinahasaSport

Peringati 3 tahun ODSK pimpin Sulut, Pemkab Minahasa gelar Kejuaraan Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper

 



ESN, Tompaso - Memperingati 3 tahun Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) memimpin Sulawesi Utara, Pordasi Minahasa bekerjasama dengan Pemkab Minahasa menggelar Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper memperebutkan Trophy Bupati dan Wakil Bupati Minahasa di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso, Jumat (22/02/2019).

Asisten I Setdakab Minahasa Denny Mangala menyampaikan, kegiatan olahraga lomba pacuan kuda, roda sapi dan bendi kalaper merupakan hasil kerja sama Pemprov Sulut dengan Pordasi Sulut dan juga dalam rangka memperingati 3 tahun kepemimpinan OD-SK.

” Selain itu, kegiatan ini juga merupakan pra seleksi Kejurnas yang akan berlangsung di Jawa Timur,” katanya.

Lanjutnya, kegiatan tersebut diawali dengan lomba roda sapi dan bendi kalaper kemudian dilanjutkan dengan lomba berkuda sebanyak 12 race, dalam rangka memperebutkan trophy Bupati dan Wakil Bupati Minahasa serta forkopimda Minahasa dengan total hadiah sebesar Rp 137.500.000.

Sementara itu, wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey (RD) mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk mewujudkan Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat, adil dan sejahtera.

“ Olahraga menjadi salah satu sarana pembinaan dan pembentukan karakter bangsa melalui penyelenggaraan berbagai kompetisi serta pembinaan dan pembudayaan olahraga,” ujar RD

Lanjut dia, kejuaraan ini dilaksanakan juga untuk melestarikan warisan leluhur yang sarat dengan nilai budaya dan adat istiadat selanjutnya mampu menarik perhatian para wisatawan baik internasional maupun domestik yang berdampak pada pengembangan sektor pariwisata, melalui pembudayaan jenis-jenis olahraga rekreasi, olahraga ekstrim dan olahraga tradisional termasuk pacuan kuda, roda sapi dan bendi kalaper yang diselenggarakan saat ini.

“Melalui kegiatan ini juga saya mengajak para peserta untuk terus menopang pemerintah kabupaten minahasa dalam penyelenggaraan tugas tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Minahasa melalui partisipasi aktif dan keterlibatan dalam pengembangan olahraga di Kabupaten Minahasa,” tutup Wabup Robby.

Kegiatan berkuda ini dihadiri Kapolres Minahasa AKBP. Denny Irawan Situmorang SIK, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko Sudjatmiko SH MH, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo S.Sos MSi,

Kaban Kesbangpol Prov. Sulut Drs Mecky Onibala M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Selaku Ketua Panitia DR Denny Mangala M.Si.

Nampak pula Kadis Dispora Minahasa Selaku Sekretaris Panitia Siby Sengke S.Sos, Camat Tompaso Barat Stefri V. Pandey ST MAP, Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulut Ferry M K A Wowor, Ketua Pordasi Minahasa Selaku Wakil Ketua Panitia Hansje Poli SE, Plt Kadis Perhubungan, Plt Kasat Pol PP.

(MRCL)