Editorial Sulut News
Tuesday 4 August 2015, Tuesday, August 04, 2015 WIB
Last Updated 2019-08-23T03:31:00Z
Kota Tomohon

Ikan lele raksasa ditemukan di danau Sineleyan

ESN - Minggu (2/8/15) sekitar pukul 09.30 Wita suasana di danau Sineleyan sontak heboh, pasalnya seorang pemancing asal Manado berhasil memancing seekor ikan lele jenis dombo berukuran raksasa yang memiliki panjang tubuh kurang lebih 1,5 meter dengan berat kurang lebih 7 kg.

Tak ayal ikan lele raksasa ini langsung menjadi tontonan menarik para pemancing lainnya termasuk warga sekitar danau yang mengaku baru sekali ini melihat ada ikan lele raksasa di danau yang terletak di kelurahan Talete I Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon.

Wargapun langsung bergantian menenteng ikan lele dumbo tersebut sambil berfoto. Menurut Stenly, Warga Walian yang berhasil mengabadikan kejadian langkah ini, ikan lele dumbo tersebut telah sempat ditawar oleh seorang pembeli dengan harga Rp 300 ribu, hanya si pemancing enggan menjualnya dengan alasan hendak dikomsumsi pribadi.

Dari cerita warga, dahulunya didanau yang sama juga sempat ditemukan seekor ikan jenis belut raksasa (sogili) oleh seorang warga Talete, namun dilepas kembali dengan alasan katanya ikan sogili tersebut adalah ikan penjaga danau Sineleyan.

Lantas apakah ikan lele raksasa yang ditemukan barusan adalah juga ikan penjaga danau Sineleyan? Jika dihubungkan dengan anekdot orang Minahasa "kalu so rica rica so ikang" (kalau sudah ditambah cabe itu sudah makanan,red) rasanya sayang jika ikan yang diciptakan Tuhan untuk dimakan tersebut dilepas kembali.

(Marcel)

IMG-20150802-02555