Editorial Sulut News
Monday 8 July 2024, Monday, July 08, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-09T04:45:04Z
AdvertorialAdvetorial

KPU Minahasa tuntas 100 persen lakukan Coklit Pilkada 2024

 


ESN, Tondano - Pelaksanaan coklit pilkada serentak oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa selesai 100 persen sesuai dengan target waktu selama 2 minggu.


Lidya Malonda ketua divisi perencanaan data dan informasi KPU Kabupaten Minahasa mengatakan, sesuai dengan target waktu pelaksanaan tahapan pencocokan dan penelitian oleh petugas pantarlih bisa selesai 100% di 270 desa yang tersebar di 25 kecamatan di Kabupaten Minahasa.



"Sesuai data untuk kabupaten minahasa yang masuk dalam daftar penduduk potensial  pemilih pemilihan  (DP4) sebanyak 252.985 ribu namun bisa di kunjungi oleh petugas pantarlih selama  14 hari," ujar Malonda.


Lidya Malonda menambahkan Adapun kendala selama 14 hari yang di alami oleh 956 petugas pantarlih selama pencoklitan seperti di kejar anjing milik warga,harus berhadapan dengan ular serta kondisi cuaca extreme yang terjadi di seluruh kecamatan mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor.  

"Namun puji TUHAN bisa dilalui oleh petugas pantarlih," tukasnya.




Lanjut dia, untuk petugas pantarlih Minahasa  bahkan harus melaksanakan pencocokan dan kenelitian secara teliti sesuai dengan prosedur coklit peraturan KPU No 7 Tahun 2024 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil  Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.


Menariknya  para petugas pantarlih Minahasa juga ikut mengunjungi kediaman para pimpinan Bawaslu RI Herwin Malonda, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Ardiles Mewoh dan Donny Rumagit serta Ketua Bawaslu Minahasa Lord Malonda dan para pimpinan Bawaslu Kabupaten Minahasa lainnya.



Saat ini petugas pantarlih akan melanjutkan coklit sampai dengan tanggal 24 juli 2024 sesuai jadwal tahapan untuk memastikan semua penduduk terkunjungi sambil mencermati hasil coklit bersama PPS, pemerintah desa kelurahan serta PPK dan KPU kabupaten minahasa.



Pelaksanaan coklit yang di lakukan oleh petugas pantarlih minahasa mendapat apresiasi dari pimpinan Bawaslu RI, ketua devisi SDM, organisasi dan diklat  yang menilai pelaksanaan coklit oleh petugas pantarlih KPU Minahasa telah sesuai dengan prosedur coklit.


Sementara itu komisioner KPU Sulawesi Utara lannya yang turut  melakukan monitoring coklit di Kecamatan Pineleng guna memastikan petugas coklit mengunjungi rumah-rumah masyarakat.



Sementara untuk kelima komisioner KPU Minahasa bersama sekertaris KPU Minahasa menerima  petugas pantarlih pada hari ke-14 sebagai penanda bahwa coklit yg di lakukan pantarlih sudah mencapai 100.


(Advertorial/*)