Editorial Sulut News
Friday 10 May 2024, Friday, May 10, 2024 WIB
Last Updated 2024-05-11T05:21:55Z
Bitung

KKP Peduli, Hilangkan Trauma Pasca Erupsi Gunung Ruang, Puluhan Anak Diajak Arungi Selat Lembeh

ESN, Bitung - Dalam rangka mengembalikan mental anak-anak dari trauma pasca erupsi gunung Ruang  di Tagulandang beberapa waktu lalu, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Bitung melaksanakan program KKP peduli dengan Healing program dan Joy Sailing yang dilaksanakan di dermaga PSDKP Bitung, Sabtu (11/05/2024).

Menurut Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung Ady Candra, kegiatan ini merupakan arahan langsung dari kementrian Perikanan untuk membantu para korban erupsi gunung Ruang beberapa waktu lalu. 

Ady Candra menuturkan, Healing Program dan Joy Sailing ini untuk mengembalikan mental anak-anak pasca bencana, agar anak-anak bisa kembali ceria sehingga tidak trauma dengan kejadian yang menimpa mereka. 

"Ada kurang lebih sekitar 50 anak yang ikut dalam healing program ini, dimana ini diharapkan bisa mengembalikan mental dan trauma mereka pasca bencana, karena di atas kapal ada berbagai games untuk menghibur anak-anak," kata Ady Candra.

Hal senada juga disampaikan Kepala Balai Penyuluhan dan Pelatihan Perikanan Bitung Natalia. Ia menuturkan, bahwa  kegiatan ini bersifat untuk menghibur mereka dan mencoba menghilangkan trauma pasca erupsi gunung Ruang.

"Untuk perkembangan anak setelah beberapa kali dilakukan terapy healing, mereka kelihatan lebih ceria dan bisa bermain dibanding sebelum kita melaksanakan healing program ini," tutur Natalia.

Natalia menambahkan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan di atas kapal, untuk mencari suasana yang berbeda, apalagi kebanyakan anak-anak pengungsi sebagian besar anak nelayan. (Eko)