Monday 22 May 2023, Monday, May 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-22T23:07:26Z
Minahasa

Perayaan Harkitnas ke-115 di Kabupaten Minahasa, Riviva Maringka jadi Inspektur Upacara

 

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Riviva Maringka menjadi Inspektur upacara (irup) dalam upacara, Senin (22/5/2023).


ESN, Tondano - Pemkab Minahasa lewat Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, Senin (22/5/2023).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Riviva Maringka menjadi Inspektur upacara (irup) dalam upacara tersebut.

Adapun tema Hari Kebangkitan Nasional 2023 adalah "Semangat untuk Bangkit." Tema ini bertujuan membangkitkan kesadaran akan nilai nasionalisme masyarakat Indonesia.

Kegiatan itu diikuti seluruh jajaran ASN dan non ASN Kabupaten Minahasa. Turut hadir juga unsur Forkopimda, para Assisten, Staf ahli, seluruh Camat di Kabupaten Minahasa.

Dalam kesempatan itu, Asisten 1 Setdakab Minahasa Riviva Maringka membacakan pidato pelaksana tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD.

Ia mengatakan, 115 tahun yang lalu bara persatuan indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal itu  ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Utomo pada 20 Mei 1908.

"Sejak saat itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur," kata Maringka.

Barisan persatuan yang dibentuk oleg Boedi Utomo, lanjut dia, adalah satu pemantik bagi kekuatan indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dimasa yang sulit, baik masa pra maupun pasca kemerdekaan.

"Dimasa ini disaat kemerdekaan kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan indonesia emas 2045," pungkasnya.

(Mrcl/*)