Monday 29 May 2023, Monday, May 29, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-29T22:44:18Z
Minahasa

Hadiri Hut Desa Sea ke-108, Wabup RD paparkan sejumlah prestasi Pemkab Minahasa ditahun 2023

 


ESN, Pineleng - Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey (RD) menghadiri acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Sea Ke-108, Kecamatan Pineleng. Sabtu, (27/5/2023) di lapangan Bola Ranomawuri Desa Sea.

Acara puncak HUT Desa Sea Ke-108 tersebut dihadiri juga oleh anak tercinta Wakil Bupati Minahasa, Sarah Malena Dondokambey,  bersama Sekretarais Daerah Kabupaten Minahasa, Lynda Deisye Watania.

Wabup RD mengungkapkan rasa syukurnya dapat menghadiri acara puncak perayaan hari ulang tahun ke-108 Desa Sea bersama masyarakat, yang telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan serta memajukan Desa Sea, sebagai bagian dari Kabupaten Minahasa.

“Saya berharap semoga momentum hut Desa Sea ini akan memotivasi semangat dan tekad juang kita semua untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan bangsa, termasuk membangun kebersamaan dan keesaan antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan perubahan di tanah minahasa,” tukasnya.

Tukasnya lagi, perayaan Hut ini merupakan momentum untuk intropeksi bersama antara pemerintah maupun masyarakat, sekaligus menetapkan resolusi atau ketetapan hati, bersama dan tekad untuk mengambil sikap guna meningkatkan kesejahteraan, kemajuan dan kemakmuran wilayah.

“Tentu masyarakat telah merasakan berbagai perkembangan, kemajuan, prestasi dannsejumlah karya yang telah dicapai selama ini, seiring rentang perjalanan yang dilalui sehinga memasuki usia ke-108 tahun,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup RD juga ikut memaparkan capaian prestasi yang diraih Pemkab Minahasa diawal tahun 2023, berkait dengan kinerja di tahun 2022.

1. Mendapat penghargaan dari kantor pelayanan pajak pratama bitung tentang capain target penerimaan pajak tahun 2022.

2. Menerima sertifikat bebas frambusia tahun 2023 dari kementerian kesehatan

3. Patritrana Award tahun2023 dari BPJS ketenagakerjaan. Dalam hal ini Pemkab Minahasa meraih terbaik ketiga dalam managemen jaminanan sosial ketenagakerjaan tahun 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan.

4. Mendapat penghargaan piala Adipura kategori kota kecil tahun 2023 dari Kementerian LH dan Kehutanan RI.

5. Penghargaan APBD Award Tahun 2023, kategori peningkatan Pendapatan Asil Daerah (PAD) tertingi APBD Tahun 2022 tingkat kabupaten dari Kemendagri

6. Menerima penghargaan dari Universal Healt Coverage (UHC) Tahun 2023 dari BPJS Kesehatan.

7. Penghargaan sebagai Pemerintah Daerah tebaik dalam kepatuhan pembayaran iuran jaminan kesehatan bagi pekerja penerima upah di lingkungan Pemerintah Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara tahun 2022 dari BPJS Kesehatan.

8. Pemerintah Kabupaten Minahasa mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan Pemerintah Derah tahun anggaran 2022 ke 9 kali berturut-turut oleh BPK RI.

(*)