Tuesday 16 May 2023, Tuesday, May 16, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-16T12:39:40Z
Minahasa

Bertekat raih Adipura lagi, DLH gelar sosialisasi penanganan sampah dibuka Sekda Lynda Watania

 

(Foto:Prokopim)


ESN, Tondano - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa menggelar Sosialisasi Program Penanganan Sampah, menghadirkan nara sumber Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Evaluasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ari Sugasri.

Sosialisasi yang digelar di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Selasa (16/5/2023), dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Lynda Watania, mewakili Bupati Royke Octavian Roring.

Kata Watania saat membacakan sambutan Bupati, Pemkab sengaja menggelar sosialisasi ini dalam upaya meraih kembali penghargaan Piala Adipura untuk kali kedua ditahun 2024 mendatang.

"Kita sudah berhasil meraih penghargaan Adipura, dan akan berkomitmen meraihnya untuk kali kedua, ditahun mendatang," tukasnya.

Watania berharap, semua lintas sektor, mulai dari SKPD terkait, seluruh SKPD hingga pemerintah Kelurahan dan Desa, termasuk masyarakat dapat mengambil peran dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, terutama dapat mengelola sampah dengan baik.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Pemantauan dan Evaluasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ari Sugasri mengatakan, guna meraih kembali Adipura, Pemkab Minahasa harus menggerakkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tidak hanya OPD terkait, yaitu Dinas Lingkungan Hidup.

" Semua stekholder itu harus bergerak bersama, sehingga mempertahankan partisipasi publik dalam menjaga kebersihan kotanya akan lebih baik lagi," tukasnya.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Asisten II Setdakab Minahasa, Wenny Talumewo, Senior Vice President Optimisasi Bisnis BNI Kantor Pusat Jakarta, Hermita, Inspektur Kabupaten Minahasa Maudy Lontaan, serta sejumlah kepala SKPD, Camat, Lurah dan Hukum Tua.

(Mrcl*)