Editorial Sulut News
Monday 17 April 2023, Monday, April 17, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-17T07:18:25Z
BitungManado

Samakan Persepsi Tentang Overstaying, KemenkumHam Sulut Gelar Rapat Koordinasi



ESN, Bitung - Sebagai upaya dalam menyamakan persepsi antar instansi penegak hukum, terkait Penanganan Overstaying tahanan dan Penanggulangan Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba di Lapas / Rutan, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara melaksanakan Rapat Koordinasi DILKUMJAKPOL yang dilaksanakan di Swissbel Hotel Manado, Senin (17/04/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor KumHam Wilayah Sulawesi Utara Ronald Lumbuun berharap,  dengan adanya kegiatan ini kiranya dapat meningkatkan sinergi antar aparat penegak hukum dalam mengatasi overstaying di Sulawesi Utara. 

“Overstaying sudah menjadi pokok pembahasan semenjak beberapa tahun ini, jadi harapan saya dengan adanya kegiatan ini dapat memaksimalkan penanganan dengan meningkatkan sinergi antar aparat penegak hukum di Sulawesi Utara,” ungkap Ronald. 

Perlu untuk diketahui DILKUMJAKPOL adalah forum yang mempertemukan para aparat penegak hukum yaitu Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksanaan, dan Kepolisisan ditambah Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Adapun rapat koordinasi DILKUMJAKPOL tahun ini difokuskan pada pemberantasan Indikasi peredaran Narkoba didalam Lapas dan Rutan Wilayah Sulawesi Utara, serta optimalisasi penanganan overstaying tahanan.

Hadir dallam kegiatan ini, seluruh Lapas / Rutan, Bapas, dan Rupbasan dan dihadiri oleh Pimti Kanwil Kemenkumham Sulut,Kapolda, Kajati, Kajari, Hakim Tinggi, Ketua PN Manado, Kepala BNN dan Polresta Manado. (**)