Editorial Sulut News
Friday 28 April 2023, Friday, April 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-04-28T15:13:28Z
HeadlineMinselPariwisata

Meriahkan Peringatan HUT Desa Blongko ke-38, Pertama Kalinya, Kabupaten Minahasa Selatan menggelar Adat Tulude


ESN, Minsel - Dalam rangka memeriahkan perayaan Ulang Tahun desa Blongko ke-38 tahun. Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, juga menggelar upacara adat Tulude, yang digelar di lapangan desa Blongko, Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan, Jumat (28/04/2023)

 

Kegiatan yang berlangsung meriah penuh kegembiraan dan dimeriahkan oleh sejumlah pagelaran kebudayaan asli suku Sangihe seperti Tarian Adat, lagu-lagu Adat, Pemotongan Tamo (kue adat).



Kegiatan tersebut mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Utara meliputi kegiatan tersebut serta masyarakat lainya untuk ikut terlibat dalam acara Tulude.

 

Upacara Tulude merupakan kegiatan adat masyarakat Sulawesi Utara sebagai bentuk melestarikan Kegiatan adat tersebut merupakan pertama kali digelar di desa Blongko Kabupaten Minahasa Selatan untuk ajang untuk mempromosikan potensi budaya Sulut.




Dalam kesempatan itu, Bupati Minahasa Selatan Donny Wongkar SH menyampaikan terimakasih dan syukur kepada Tuhan sehingga pelaksanaan hari ulang tahun desa Blongklo sekaligus upacara adat Tulude yang baru pertama kali digelar di Minahasa Selatan bisa terlaksana.

 

“Kita semua bisah berada ditempat ini bisah mengikuti kegiatan adat tulude sekaligus dalam acara ulang tahun desa Blongko yang ke-38 tahun. Saya melanjutkan menjawab pogram-program prolalitas Minahasa Selatan agar kedepan-Nya agar bisah terwujud dan ada juga permohonan dari panitia yang disampaikan sekaligus perintah dari anggota dewan bahwa kegiatn tulude di Minahasa Selatan agar harus dilakukan setiap tahun, harus dimasukan di APBD Mihasa Selatan. Karna adat tulude ini benar-benar yang harus kita kembangkan di Minahasa Selatan sekaligus disulawesi Utara”, papar Wongkar.




Terpantau Bupati Minahasa Selatan Bapak Frangky Donny Wongkar SH Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, Kapolres Minahasa Selatan Fery sitorus Sik M.H, Ariyas Dedy S.H, Fentje Mamirahi, serta jajaran yang ada. (JS)


Ads