Editorial Sulut News
Monday 20 February 2023, Monday, February 20, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-21T05:13:02Z
Bitung

Wujudkan Kesehatan WBP, Kadiv Pemasyarakatan ikuti workshop UNODC















ESN, Bitung - Salah satu hak Warga Binaan Pemasyarakatan yang menjalani pidana di Lapas adalah terpenuhinya kesehatan dasar. Hal ini sangat penting dimana hak tersebut  wajib harus diberikan agar dalam menjalankan masa pidananya dapat dijalankan dengan baik dan sehat. 

Terkait hal itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara, I Putu Murdiana mengikuti kegiatan Workshop on Prioritised Health and Covid-19 Infection Management for the Ministery of Law and Human Rights Provincial Office yang diselenggarakan oleh UNODC di Four Point Hotel Kuta Bali, Selasa (21/02/2023). 

Kegiatan dibuka oleh Direktur Watkesrehab mewakili Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Elly Yusar dan dihadiri oleh Direktur Perawatan Kesehatan dan rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, seluruh Kepala Divisi Pemasyarakatan di 33 Kantor Wilayah se-Indonesia, perwakilan dari UNODC dan Steakholder lainnya. 

Dalam sambutannya, Elly menyampaikan apresiasi kepada seluruh Kepala Divisi atas capaian kinerja terutama terkait penanganan Covid-19 di Lapas/Rutan, ijin klinik, dapur lain higeinis, piloting project UPT pelayanan disabilitas serta pelayanan kesehatan lainnya. 

Dalam keterangannya Putu menjelaskan tentang pelayanan kesehatan, rehabilitasi dan disabilitas di UPT Sulawesi Utara telah dilaksanakan, walaupun belum optimal pihaknya tetap berkomitmen memberikan pelayanan yg terbaik kepada seluruh warga binaan maupun masyarakat di Lapas/Rutan di wilayah Sulawesi Utara. 

Kegiatan workshop ini berlangsung selama 4 hari. Disamping pemberian materi oleh narasumber, Kegiatan juga diisi dengan FGD dan study lapangan di UPT wilayah Bali sebagai pilot project pelayanan kebutuhan kesehatan dasar warga binaan Pemasyarakatan. (**)