Editorial Sulut News
Tuesday 28 February 2023, Tuesday, February 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-28T10:06:05Z
HeadlineMinahasa

Dipimpin ROR-RD, Pemkab Minahasa akhirnya raih Adipura untuk kali pertama

 

Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya saat menyerahkan Piala Adipura kepada Bupati Royke Octavian Roring


ESN, Jakarta - Penantian panjang selama kurun waktu 13 tahun akhirnya membuahkan hasil. Pemkab Minahasa dibawa kepemimpinan Bupati Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, Selasa hari ini (28/2/2023) berhasil meraih piala Adipura.

Piala Adipura itu diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, di Auditorium Manggala Wana Bhakti, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Bupati ROR menerima langsung piala Adipura untuk kategoti Kota Kecil itu.

Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya terus berusaha menyempurnakan program Adipura, dengan mendorong kabupaten/kota mencapai target penanganan sampah 100 persen di 2025 mendatang.

“Kabupaten dan kota juga perlu terus berbenah dan beradaptasi dengan perkembangan metode pengelolaan sampah, sehingga dapat menemukan solusi yang terbaik dalam menangani persoalan sampah,” ujar Siti.

Sementara itu Bupati ROR mengatakan bahwa, penghargaan ini tak lepas dari peran serta semua pihak yang terkait, terlebih masyarakat Minahasa.

“Terima kasih untuk warga masyarakat yang sudah berperan aktif dalam rangka pengelolaan sampah di kabupaten Minahasa. Karena punya kesadaran bahwa sampah ini harus dikelola dengan baik,” imbuhnya.

ROR juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, yang selalu memberikan pembinaan dengan selalu menopang pemerintah kabupaten Minahasa.

“Mari bersama-sama mengeloh sampah dengan sebaik baiknya, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya dengan demikian kita dapat mempertahankan Piala Adipura ini di tahun-tahun yang akan datang,” harapnya.

(Mrcl*)