Editorial Sulut News
Wednesday 18 January 2023, Wednesday, January 18, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-18T22:52:17Z
Minahasa

ROR-RD sampaikan SPT Tahunan dan Validasi NIK menjadi NPWP

 


ESN
, Tondano
- Bupati Minahasa Royke Octavian Roring bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey (ROR-RD), Rabu (18/1/2022) melaksanakan kewajibannya menyampaikan SPT Tahunan dan validasi NIK menjadi NPWP, bertempat di Ruang Sidang, Kantor Bupati Minahasa di Tondano.


Dengan dibantu Kepala KPP Pratama Bitung, Yul Heriawan bersama operator, tampak baik Bupati ROR dan Wabup RD melakukan pengisian data dalam “Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan 2022 dan validasi NIK menjadi NPWP”.

Kegiatan yang diselenggarakan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bitung itu, dibuka langsung Bupati ROR dan didampingi Wabup RD serta dihadiri jajaran pejabat dan ASN Pemkab Minahasa.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, saya menyampaikan banyak terima kasih dan apresiasi kepada KKP Pratama Bitung, yang tidak bosan-bosan memberikan arahan dalam rangka peningkatan pembayaran pajak,” ujar ROR.

Disisi lain, dia juga menghimbau kepada kepala-kepala SKPD dan para camat agar menjadi contoh kepada masyarakat untuk menyampaikan SPT tahunan lewat online. Dan jangan menunggu sampai tanggal 31 Maret baru disampaikan.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Minahasa yang sudah menyampaikan SPT Tahunan dan kesadaran akan membayar pajak,” tukasnya.

Dia juga menjelaskan, kebijakan penggunaan NIK sebagai NPWP diatur melalui amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112 Tahun 2022.

“Ini juga salah satu program pemerintah terkait satu data Indonesia, dengan tujuan mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi. Namun begitu, program ini harus disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga mereka bisa mengetahui perubahan tersebut,” pungkasnya.

(*)