Editorial Sulut News
Tuesday 24 January 2023, Tuesday, January 24, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-25T05:28:06Z
BitungHukrim

Minimalisir Pelarian Narapidana, Lapas Bitung Rutin Perawatan Gembok



ESN, Bitung - Kasus Pelarian Narapidana di Lapas dan Rutan sangat rawan terjadi di Indonesia. Selain kesiap siagaan petugas diperlukan juga pemeliharaan sarana dan pra-sarana kemanan dalam mencegah hal tersebut.

Menurut Kalapas Bitung Syukron Hamdani, dari beberapa kasus pelarian yang terjadi, sangat sedikit didapati kasus pengrusakan Gembok dan anak kunci, Hal tersebut dikarenakan gembok dan anak kunci yang digunakan sudah sesuai standar dan diperiksa secara rutin.


Untuk itu, Lapas Bitung dalam hal ini bidang Keamanan dan Ketertiban Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bitung Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara melaksanakan pemeliharaan gembok dan anak kunci untuk mencegah terjadinya gangguan Kemanan dan Ketertiban. 

"Setiap gembok dan anak kunci diperiksa dan dipastikan tidak terdapat gangguan atau kerusakan fungsi, ketika terdapat gangguan maka gembok dan anak kunci akan diganti dengan yang baru sesuai standar", katanya Syukron kepada media ini, Rabu (25/01/2023).

Adapun pemeliharaan gembok dan anak kunci diawasi oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP) untuk memastikan seluruh gembok dalam keadaan baik sampai digunakan satuan pengamanan. (eko)

Sumber : Humas Lapas Bitung