Editorial Sulut News
Sunday 8 January 2023, Sunday, January 08, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-09T03:09:54Z
HeadlineMinahasa

Christian Vicky Tanor juga layak jabat Sekda Minahasa selain Riviva Maringka

 

Dr Christian Vicky Tanor SPi MSi


ESN, Tondano - Frits Muntu yang kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa dalam waktu dekat akan segera memasuki masa pensiun.

Praktis jabatan Sekda Kabupaten Minahasa tentu harus segera dialihakan agar penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif bisa terus berlangsung di Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey tentu telah memikirkan hal itu. 

Buktinya mereka telah menugaskan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk melaksanakan Seleksi Terbuka pengisian Jabatan Tinggi Pratama (JPT) Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa.

"Panitia Seleksi secara resmi telah mengedarkan Pengumuman Seleksi Terbuka dengan Nomor 04/PANSEL-JPT/I/2023 tertanggal 4 Januari 2023," kata Kepala BKPSDM Pemkab Minahasa Moudy Pangerapan.

Seleksi terbuka JPT Sekda itu langsung direspon oleh sejumlah pejabat senior di jajaran Pemkab Minahasa. Sedikitnya ada 6 pejabat yang langsung menyatakan diri ikut dalam Seleksi Terbuka JPT Sekda itu.

Keenam pejabat tersebut yaitu masing-masing Dr Christian Vicky Tanor SPi MSi, Drs Riviva W Maringka MSi, Agustivo Tumundo SE MSi, Drs Melky L Rumate MSi, Dra Riany Suwarno dan Alexander W Mamesah SSTP MSi.

Dari keenam pejabat tersebut, terdapat dua nama yang dianggap memiliki peluang yang sama untuk menduduki jabatan Sekretaris Daerah, menggantikan Frits Muntu. Keduanya adalah Dr Christian Vicky Tanor SPi MSi dan Drs Riviva W Maringka MSi.

Namun, siapa diantara keduanya yang akan terpilih menjabat sebagai Sekda, tentu tergantung hasil seleksi terbuka nanti. Yang pasti ada tiga nama calon sekretaris daerah (lolos seleksi) yang akan dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi.

Selanjutnya, setelah mendapatkan rekomendasi KASN, ketiga nama tersebut akan di sampaikan kepada Gubernur Sulawesi Utara untuk dipilih salah satu dan ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah Minahasa Definitif.

Berikut Profil salah satu calon Sekda yaitu Dr Christian Vicky Tanor SPi MSi

Nama : Dr Christian Vicky Tanor SPi MSi
Pangkat dan Golongan Ruang : IV/c , Pembina Utama Muda.
Pendidikan Terakhir : S-3/DOKTOR
Jabatan Terakhir  : Asisten Administrasi Umum.
Tempat Tanggal Lahir : Minahasa 23-03-1972
Jenis Kelamin  : Pria
Agama : Kristen
Status Perkawinan : Menikah

Riwayat Jabatan :

Asisten Administrasi Umum
Kepala Dinas Kepemudaan Dan Olaharag
Sekretaris DPRD
Kepala Dinas Pasar Dan Kebersihan
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Dan Protokol
Kepala Bagian Administrasi Perekonomian

(Mrcl*)