Editorial Sulut News
Saturday 28 January 2023, Saturday, January 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-29T13:52:32Z
Minsel

Budaya Kuncikan di Minahasa Selatan, Komisi Pemuda Betlehem Sidate Gelar Lomba Motor Lambat

Lomba motor lambat dalam budaya kuncikan, Sabtu (29/01/23).


ESN, Minsel  - Jelang minggu-minggu berjalan, di desa Pakuweru Utara Kecamatan Tenga, Pemuda GMIM Betlehem Sidate wilayah Tenga 1, menggelar lomba motor lambat dalam budaya kuncikan, Sabtu (29/01/23).


Budaya kuncikan sendiri merupakan budaya yang sudah lama berlangsung di Minahasa Selatan. Menariknya, ada beberapa desa yang melaksanakan kegiatan kuncikan ini, diantaranya, menggelar kegiatan seperti lomba motor lambat atau lainnya yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.


Penatua pemuda di wilayah tersebut Rival Taas menuturkan, kegiatan lomba motor lambat ini adalah dalam rangka mengisi minggu berjalan dalam budaya kuncikan dengan kegiatan yang bisa menghibur,.


“kami dari komisi pemuda ada satu kegiatan yang akan di laksanakan ya itu motor lambat yang di sponsori oleh komisi pemuda Betlehem Sidate”, kata Rival.


Rival menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya bersama komisi pemuda sedang mancari dana untuk ikut dalam kegiatan paskah pemuda sinode GMIM.


“Torang beking kegiatan ini for mo tambah tambah torang pe doi kas untuk mo Iko kegiatan paskah pemuda sinode GMIM”, katanya dengan dialeg Manado.


Hal yang sama juga disampaikan salah satu pemuda di wilayah tersebut,bahwa  budaya kuncikan ini hanya untuk menghibur masyarakat karna, “seperti kegiatan yang di selenggarakan oleh Pemuda GMIM Betlehem Sidate wilayah Tenga 1 dalam rangka kuncikan tahun”, katanya. (JS)