Editorial Sulut News
Monday 5 September 2022, Monday, September 05, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-05T12:08:28Z
BitungHeadlinePendidikan

Minimalisir Kenakalan Remaja, Maurits Upayakan Genjot SDM Kota Bitung

Wali Kota Bitung Ir.Maurits Mantiri, MM


ESN, Bitung - Rata-rata harapan lama sekolah, sesuai data statistik yaitu 8 – 9 Tahun. Yang  artinya hanya lulus SLTP. Hal itu disampaikan Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, M.M ketika menghadiri Dies Natalies SMK N 1 Bitung Ke 57 Tahun, Senin (05/09/2022).

 

“Jangan heran kalau tingkat kenakalan remaja di Kota Bitung cukup tinggi. Dikarenakan kurang lebih ada sekitar 56% yang tingkat pendidikannya hanya sampai SMP, dan Ini menjadi tantangan untuk kita semua”, kata Maurits. 

 

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga mengingatkan bahwa saat ini Pemerintah Kota sedang melaksanakan JOB Fair yang dilaksanakan di Lingkungan Kantor WaliKota Bitung. Dimana ada sekitar kurang lebih 400 Posisi yang dibutuhkan oleh Perusahaan-Perusahaan di Kota Bitung.

 

“Syarat pendidikan minimun harus berijazah SMA, dan sudah pasti 56% angka tamatan SMP ini tidak bisa mengikutinya. Untuk itulah Pemerintah Kota Bitung sementara melaksanakan penyetaraan Ijazah untuk bisa sampai ke tamatan SMA. Berbagai program belajar terus digenjot demi meningkatknya sumber daya manusia di kota bitung”, terang Maurits.  

  

Maurits menambahkan, terkait penyetaraan Ijazah, kata Maurits, program kelompok belajar disetiap lingkungan sudah mulai dilakukan, dan saat ini ada sekitar 17 kelompok belajar yang aktif dan melakukannya secara online di Kota Bitung.

 

“Program-prorgam seperti inilah yang diharapkan agar mutu pendidikan di Kota Bitung terus meningkat”, katanya.

 

Hadir Dalam Kegiatan, asisten I, sekretaris dinas pendidikan, kepala cabang sma/smk bitung minut, camat maesa, Para Alumni SMK N. 1 Bitung mantan kepala sekolah serta Para Guru dan seluruh Siswa SMK N. 1 Bitung. (**)

 

Sumber : Protokol Komunikasi Pimpinan Kota Bitung