Editorial Sulut News
Wednesday 28 September 2022, Wednesday, September 28, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-28T23:17:01Z
Kota Tomohon

Dosen UNSRIT laksanakan pengabdian masyarakat di Kabupaten Mitra

 

Kegiatan pengabdian masyarakat dosen UNSRIT di Kabupaten Minahasa Tenggara

ESN, Tomohon - Dosen Universitas Sariputra Indonesia Tomohon (UNSRIT) melaksanakan pengabdian masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)

Pengabdian masyarakat kali ini menyasar penggerak usaha UMKM keripik pisang yaitu Ibu Silfana Agu di Desa Pangu Satu Kecamatan Ratahan Timur, Kabupaten Mitra.

Kegiatan ini mendapatkan bantuan dana pengabdian masyarakat dari Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek RI melalui skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus.

Ketua tim Priska S T Mawuntu SE MBA mengatakan tujuan pengabdian masyarakat kali ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan para penggerak UMKM dalam mengelola usahanya.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mitra sasaran dapat mengelola usaha dengan menerapkan konsep-konsep manajemen dan memanfaatkan media digital, baik dalam penyusunan laporan keuangan maupun promosi atau penjualan," tukasnya.

Dia menjelaskan, ada 3 (tiga) jenis pelatihan yang diberikan yaitu, pelatihan manajemen usaha, pelatihan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi SI APIK, dan pelatihan pemanfaatan media digital untuk pemasaran atau digital marketing.


Adapun pemilik usaha UMKM Ibu Silfana Agu mengaku banyak manfaat yang dia peroleh saat terlibat mengikuti pelatihan tersebut.

"Saya sangat berterima kasih karena pelatihan-pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat, kami diajarkan bagaimana mengelola usaha yang baik, cara penggunaan aplikasi untuk membuat laporan keuangan, serta diajarkan cara promosi melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram," imbuhnya.

(Mrcl*)