Editorial Sulut News
Wednesday 22 June 2022, Wednesday, June 22, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-23T02:22:58Z
BitungEkonomiHeadline

Sosialisasi UMKM Week , Bea Cukai Bitung Dorong UMKM Naik Kelas Ekspor

Kepala Seksi Pelayanan kepabeanan dan Cukai Thomas Nugroho memberikan materi terkait peran Bea Cukai bagi pengusaha UMKM


ESN, Bitung - Dalam upaya terus mendukung peran UMKM dalam perekonomian, Bea Cukai Bitung mengumpulkan para pelaku UMKM di kota Bitung dalam kegiatan Sosialisasi UMKM Week 2022 dengan tema “Bea Cukai Bitung Bakudapa Deng UMKM” yang diselenggarakan di Aula Kantor Bea Cukai Bitung, Rabu (22/06/2022).


Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis Thomas Nugroho yang saat itu menjadi pemateri dalam sosialisasi tersebut menuturkan, berbagai peranan Kementerian Keuangan serta DJBC dalam memfasilitasi langsung para pelaku UMKM.


“Mulai dari dukungan APBN dalam program bantuan, berbagai kebijakan dan program pemberdayaan, dukungan logistik, fasilitas KITE IKM sampai dengan asistensi dan pembinaan UMKM melalui Kelas Ekspor”, tutur Thomas.


Thomas juga berharap, dengan diadakannya kegiatan UMKM Week ini diharapkan mampu menjadi sebuah dorongan kuat bagi para pelaku UMKM di Kota Bitung untuk bisa naik kelas dalam mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan fasilitas maupun dukungan pemerintah secara optimal, sehingga produk lokal tidak hanya diminati pasar domestik tetapi juga oleh pasar mancanegara.


Pengusaha UMKM bersama Bea Cukai Bitung


Seperti diketahui, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia dengan mampu menyerap 97% tenaga kerja dan berkontribusi sebesar 57% terhadap PDB. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2021, Indonesia merupakan negara dengan UMKM terpadat di dunia dengan skala per 1000 orang terdapat lebih dari 50 UMKM. Dengan segala potensi dan kekuatan UMKM, masih terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi agar UMKM mampu naik kelas.


Turut dihadiri dalam sosialisasi tersebut, perwakilan Dinas Koperasi UKM Bitung, Staf Khusus UMKM Walikota Bitung, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bitung, Komunitas Ekonomi Kreatif (KEK) Bitung, dan KPPN Bitung. (eko)