Editorial Sulut News
Friday 24 January 2020, Friday, January 24, 2020 WIB
Last Updated 2020-01-25T03:01:57Z
BitungPeristiwa

Tahun Baru Imlek 2571, Ini Harapan Rohaniawan Klenteng Seng Bo Kiong

Rohaniawan Klenteng Seng Bo Kiong Pdt Rolly Ciwulusan


ESN, Bitung - Umat Tridharma Kota Bitung melaksanakan prosesi perayaan malam tahun baru Imlek 1 chia gwee 2571 yang digelar di Klenteng Seng Bo Kiong, dimana ratusan masyarakat kota Bitung juga turut menyaksikan perayaan tahun baru Imlek 2571, Jumat (24/01/2020).

Rohaniawan Klenteng Seng Bo Kiong Pdt Rolly Ciwulusan menuturkan, perayaan tahun baru ini merupakan berkah Tuhan yang maha kuasa yang diturunkan pada 1 chia gwee 2571 dengan lambang shio tikus yang berunsur logam.

"Semoga tahun ini didalam kehidupan setiap manusia berkenan dilimpahi berkah, sebagaimana lambang kwkuasaan shio tikus mempunyai lambang keuletan, semangat, kesetiaan dan kesabaran," kata Ciwulusan.

Ciwulusan juga menuturkan, melalui prosesi kali ini merupakan awal untuk melangkah didalam berbagai persembahyangan-persembahyangan yaitu mulai hari ini tercatat 1 Chia Gwee, dan hari kedua sesudah Xin Chia ini, umat Tridharma akan bermohon untuk mohon berkat Tuhan agar turun ditengah-tengah Kota Bitung agar masyarakatnya dilimpahi berkah, cukup sandang pangan.

"Mohon angin dan hujan selaras, agar seluruh masyarakat aman, tentram dan bahagia," tutur Ciwulusan.

Ciwulusan juga berharap, kiranya masyarakat bersama pemerintah bisa bahu-membahu untuk mensukseskan acara Cap Go Meh bila direstui Tuhan.

"Restu ini akan kami peroleh pada hari ke-4 sesudah tahun baru imlek melalui tata keyakinan, apabila ini direstui, maka satu kayu akan terbuka dan satu kayu akan tertutup. dan apabila direstui, maka kami umat klenteng Seng Bo Kiong diperkenankan sebagai pelaksana ritual untuk keluar melaksanakan prosesi, dan muda-mudahan Tuhan memberikan restu dan mandat kepada kami sebagai pelaksana ritual suci ini," tutup Ciwulusan.   

(eko)