Editorial Sulut News
Friday 1 May 2015, Friday, May 01, 2015 WIB
Last Updated 2019-08-23T03:27:29Z
Pariwisata

Bunaken, sorga bawah laut yang dimiliki Kota Manado, Sulawesi Utara

ESN - Bunaken adalah sebuah tempat wisata di Manado paling terpopuler. Jumlah kunjungan wisata ke Bunaken Manado ini memperlihatkan tren yang meningkat tahun demi tahun. Data statistik mencatat di akhir Agustus 2012, jumlah kunjungan wisata Bunaken mencapai 21.889 dari dalam negeri dan 7.850 dari luar negeri. Rata-rata, tempat wisata Bunaken di Manado ini dikunjungi lebih dari 35 ribu orang setiap tahun.

Keindahan terumbu karang dan surga bawah laut di Bunaken Manado adalah keunggulan komparatif yang paling memikat dari sejumlah spot penyelaman yang ada di dunia. Wisata Bunaken Manado ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia, di samping Raja Ampat Papua dan Pulau Weh di Sabang.

Taman Laut Bunaken terletak di kawasan Teluk Manado, secara geografis berada di sebelah utara Sulawesi. Bersama dengan Pulau Siladen dan Pulau Mantehage, Taman Laut Bunaken membentuk sebuah Taman Nasional Bunaken Manado yang telah diresmikan pemerintah RI beberapa tahun lalu.

Terumbu karang di alam bawah laut Bunaken adalah bagian penting dari kekuatan wisata Bunaken. Terumbu karang ini menjadi tempat hidup 2.000 jenis ikan dan beragam biota laut. Spesies ikan yang umum dijumpai adalah wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, dan sebagainya. Karakter unik Taman Laut Bunaken adalah kedalaman lautnya yang mencapai hingga 1000 m.

Pada bagian dalam laut, Anda dapat menyaksikan berbagai jenis ikan besar, ada ikan tuna, marlin, hiu kepala palu, pari, layar, cakalang, barakuda, lumba-lumba, hingga paus. Jika Anda beruntung, bahkan Anda dapat melihat spesies ikan yang tergolong langka dan hampir punah, seperti dugong, kura-kura, dan ikan raja laut (coelacanth).

Karakteristik alam bawah laut di Bunaken adalah adanya Underwater Great Walls, atau disebut juga hanging walls, yang artinya dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas setinggi 25-50 m. Dinding karang ini adalag sumber makanan bagi ikan-ikan di kawasan Teluk Manado.

Ada banyak tempat persewaan alat snorkel dan diving di Bunaken, harga mulai dari Rp 150 ribu per orang per hari. Rata-rata, harga penyewaan alat sudah fixed dan berlaku sama di berbagai tempat penyewaan di Bunaken. Sebagai gambaran, dengan Rp 150 ribu Anda akan mendapatkan peralaan snorkel seperti masker, sepatu katak, dan wetsuit.

Untuk mengambil foto-foto di bawah laut, Anda juga dapat membayar sebesar Rp 350 ribu. Untuk mendapatkan pemandu snorkel, Anda akan dikenai biaya yang sama besarnya dengan biaya sewa peralatan snorkel. Jika Anda belum pernah atau belum terbiasa menyelam (diving), maka pemandu akan siap mengajari Anda teknik-teknik menyelam.

Sebenarnya, hanya dengan berjalan kaki mengelilingi pantai di Bunaken saja sudah menjadi pengalaman yang menarik. Sebab, tempat wisata di Manado ini memang memiliki panorama pantai yang indah. Air lautnya yang kehijauan, panorama alam sekitar laut di Bunaken akan meninggalkan kesan yang kuat bagi Anda. Jika Anda suka jalan-jalan mengarungi lautan Bunaken, maka Anda dapat menaiki Katamaran, yaitu sebuah kapal berkaca yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken.

Katamaran ini berdinding kaca, dengan demikian Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Bunaken. Selain Katamaran, ada juga kapal selam Blue Banter yang hanya akan beroperasi saat air laut pasang. Tentu saja, Anda harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk dapat mengambil pengalaman wisata bahari ini. Namun, nikmatnya akan sepadan dengan biayanya! Kegiatan wisata yang demikian juga dapat Anda temui di tempat wisata Pulau Siladen di Manado.

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Taman Laut Bunaken, Anda harus memiliki tanda masuk dan tiket Pulau Bunaken yang dapat diperoleh di kota Manado atau juga langsung di Taman Nasional Bunaken. Harga tiket masuk wisata Bunaken adalah Rp 2 ribu per orang per hari untuk wisatawan dalam negeri. Sedangkan bagi wisatawan asing, harga tiket masuk Bunaken adalah Rp 50 ribu per orang per hari atau dapat langsung dibeli untuk satu tahun sebesar Rp 150 ribu per tahun.
Akses transportasi menuju tempat wisata Bunaken Manado sangat mudah. Bandara Sam Ratulangi melayani rute penerbangan langsung dari dan ke luar negeri, seperti ke Singapura, Manila, Kuala Lumpur, dan Davao di Filipina. Terminal penumpang di bandara ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang berstandar internasional. Untuk menuju kota Manado, Anda dapat menggunakan taksi dengan biaya Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu dari bandara tersebut.

Sedangkan cara menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, ada dua pilihan tempat berangkat, yaitu dari Pasar Bersehati atau dari Marina. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar Rp 300 – 400 ribu. Tarif akan lebih mahal jika Anda berangkat dari Marina, yaitu berkisar Rp 600 – 800 ribu. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan kapal tradisional dengan biaya hanya Rp 50 ribu per orang. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Jika Anda hendak langsung ke lokasi penyelaman di Pulau Bunaken, maka akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Jika Anda berangkat dari Marina, Anda akan menaiki kapal pesiar, dan inilah sebab mengapa biayanya lebih besar, dan menempuh perjalanan selama 10-15 menit untuk dapat sampai di Pulau Bunaken.

Tentu saja Anda mungkin tertarik mencari penginapan atau hotel murah di Bunaken. Namun, sebenarnya Anda dapat memilih untuk menginap di kota Manado atau di Bunaken. Jika pilihannya di kota Manado, maka akan terdapat banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel melati berbiaya Rp 100 ribu per malam hingga hotel bintang lima dengan tarif jutaan rupiah per malam.

Jika Anda ingin menginap di Pulau Bunaken, Anda dapat mengambil cottage atau rumah tinggal yang banyak tersedia di sepanjang pantai di sana. Harga sewa cottage bervariasi, tergantung dengan jarak cottage ke lokasi taman laut. Semakin dekat lokasi cottage dengan taman laut, maka semakin mahal harga sewanya.

Lazimnya, harga sewa dihitung per orang di sana. Rata-rata besarnya biaya sewa cottage di Bunaken adalah berkisar Rp 150 ribu hingga 350 ribu per orang per malam. Harga tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari dengan menu dominan seafood.

(red)